Tsufuk Tifan Pokhan

Menyenangkan sekali melakukan tarbiyah jasadiyah (pendidikan bagi tubuh) yang menjadi hobby saya yang satu ini, yaitu beladiri. Setelah sekian lama tak bergaul dengan tarbiyah semacam ini, yaitu setelah perisai diri yang saya ikuti saat smp dulu bubar, akhirnya saya bisa merasakan bentuk lain beladiri, dan tentunya yang sekarang lebih islami, katanya. Tifan, merupakan beladiri yang menurut sejarah di kembangkan di daerah cina yang merupakan gabungan dari beberapa cabang beladiri yang ada pada saat itu. Pada saat itu berbagai macam aliran beladiri sedang berkembang di daerah sana, karena jaman tersebut adalah jaman perang.

Saat itu banyak muslim yang sedang melakukan syiar agama Islam ke daerah cina, dan tentu saja banyak tantangan yang mereka hadapi, terutama secara fisik. Oleh karena itu akhirnya mereka mengambangkan sebuah beladiri yang Islami yang akhirnya mereka sebut tifan. Karena banyak beladiri yang di dasarkan pada agama mereka, seperti kungfu shaolin, Budha, Yoga dll dan juga beladiri beladiri yang menanamkan kesyirikan karena memakai tenaga dalam yang tentu saja secara normal manusia tak bisa melakukannya. Karena tenaga dalam yang ada menggunakan bantuan Jin.

Tifan sendiri sejak keberadaan awalnya telah pecah menjadi beberapa aliran, berdasar info dari Mentor Tifan ku di MMI, salah satunya aliran Tsufuk. Mungkin aliran inilah yang sekarang sedang dalam proses penyebaran di Indonesia. Dimana pusatnya adalah di Bandung, untuk saat ini.

Selain tifan, masih ada beberapa hal lain yang masih terkait dengan seni beladiri yang membuat saya penasaran yaitu capoiera dan beladiri yang digeluti oleh aktor Tony Jaa. Mungkin lain kali akan saya ulas lebih dalam.

About rile

lazy cat

Posted on March 3, 2007, in Olahraga & Kesehatan. Bookmark the permalink. 25 Comments.

  1. yoi man, … ayo tanding sabung sama saya… hehehe. btw, blogmu aku link ke blog-ku ya..

  2. yoi bro, thank’s u

  3. Buat olahraga c oke, tapi klo buat bela diri..mmm liat dulu..bgemanapun yang bawa senjata lebih tinggi levelnya punya kesmpatan menang lebih besar…😀
    beladiri tangan kosong klo udah berantem di jalan ya kayak kucing tarung…seninya jarang keluar😈

  4. iya kok suf, aku juga liat.. kalo tarung beneran ya gak di pake’. asal gebug asal kena. Setidaknya buat oleh raga….. dan nambah harga jual😀

  5. Di Thifan Po Khan sendiri juga dipelajari tenaga dalam yang diistilahkan dengan Dath, yang sebelumnya masih disebut Chi Kung sebagaimana yang masih dipelajari di aliran Siauw Liem (Shaolin) sampai sekarang. Silahkan dilihat di http://thifanpokhan.tripod.com

    Lihat juga di http://thifan.amikom.info mengenai materi latihan, pada bagian Pemanasan Umum ada latihan power dengan senam pernafasan.

    Dan teknik pernafasan dalam Thifan juga saya baca di sebuah majalah beladiri yang menyebutkan bahwa inti materi latihan Tsufuk Thifan Pokhan dibagi menjadi enam bagian, yaitu Sentai (senam), Tawe (jurus), Tusyug (langkah), Sikla (pasangan), Khimo (tipuan), dan Teknik Pernapasan Binatang Buas.

    Sudahkah Anda mengetahuinya ?

  6. Di Perisai Diri dulu diajarin apa Mas ? Diajarin ilmu dan ajian sakti kayak di tipi-tipi gitu gak ? Disuruh ngamalin lelaku atau bertapa dan puasa tertentu gak ? Atau dipukul atau dibacok gak mempan ? Atau malah justru diajarin teknik silat beneran ? Ini nanya beneran lho Mas.

  7. Kalo di perisai diri sepertinya memang ada tenaga dalamnya, saat itu saya memang belum tau banyak tentang ke syirikan dll. Saya sudah hampir ujian sabuk merah, setelah melewati sabuk putih dan coklat. Namun keburu bubar, karena pembimbingnya punya kesibukan lain.

  8. Jelas bahwa Perisai Diri yang sampeyan maksud dan sampeyan pelajari bukanlah perguruan Perisai Diri yang resmi dan dikenal di kalangan Pencak Silat selama ini. Karena yang saya tau, dalam Perisai Diri tidak ada sabuk coklat. Tenaga dalam pun juga yang seperti apa ? Karena setau saya di Perisai Diri tidak diajari ilmu pukulan jarak jauh, kebal bacok, ilmu terbang, dan kesaktian-kesaktian lainnya. Hati-hati dalam memvonis institusi tanpa sumber yang jelas, bisa berujung ke fitnah dan profokativ.

    Yang saya tau, di Perisai Diri hanya diajarkan teknik bersilat yang logis dan rasional. Teknik olah pernafasan pun berasal dari beladiri Cina aliran Siauw Liem Sie yang bernama Gwa Kang. Hal ini tidak jauh beda dengan teknik olah pernafasan yang ada di Tsufuk Thifan Pokhan, mengingat keduanya sama-sama berasal dari negeri Tiongkok.

    Banyak saudara kita yang menilai negatif terhadap perguruan Perisai Diri. Mungkin karena kekhawatiran terjerumus dalam syirik, bid’ah dan khurofat. Yang terlintas di benaknya, Perisai Diri berarti perisai ghoib yang melindungi dirinya. Mungkin terobsesi dengan sinetron laga di televisi, di mana ada orang yang dilindungi sinar sakti yang mengakibatkan dia selamat dari serangan lawannya. Film dan sinetron yang menyesatkan kok malah dijadikan acuan ?

    Kalau ada waktu, silahkan mampir di blog saya yang sangat sederhana, alamatnya http://bungasepasang.blogspot.com

  9. iya, saya sudah berkunjung kok mas. Tentang Perisai Diri yang saya ikuti itu memang seperti itu adanya, saya gak tau kalo ternyata Perisai Diri yang ada lebih “bersih” seperti yang antum sampaikan. Terimakasih atas infonya,….. semoga kita bisa bertemu🙂

  10. ope satriani

    tolong yg tau alamat dojo gojukai di jakarta,depok, dan bogor kirimin ke email ak ini yaitu >opesatch@yahoo.co.id

  11. saya senang banget akan bela diri, dulu sempet ikut silat, tapi berhenti karena pas masuk sma pulangnya menjelang magrib terus, dari dulu nyari info tentang tifan, ada yang yang tahu tifan untuk wilayah jakarta selatan dimana yach..? urgent nih.. kalo ada tolong kasih tahu di blog aku diatas yah.. makasih

  12. MA Publising

    Salam kenal….bisa diceritakan perisai diri yang ada sabuk coklat nya itu?….di daerah mana ya belajarnya?..

  13. Iya, penasaran juga dengan Perisai Diri yang ada sabuk coklatnya itu. Ceritain donk.

  14. di desa saya, di sebuah daerah di jawa timur. Ya memang begitu adanya, tingkatan pertama sabuk putih, kedua coklat kemudian merah. Saya tidak tahu kalo setelah itu ada level selanjutnya. Setahu saya sabuk merah sudah jadi pelatih. Dan kami sekalipun blum pernah keluar untuk bertemu dengan PD yang di luar. Itu sudah lama kalo di itung sejak saya posting comment ini brarti sudah sekitar 10 tAHUNAN LEBIH yang lalu

  15. tri susila brata asmara

    ass. wr. wb. mas antum jangan membuat cerita yang tidak benar. meski antum sudah masuk perguruan tifan pokan . banyak ikhwa ana di tifan gak pernah memfitnah salah satu perguruan lain. ana sudah 16 tahun dikeluarga silat nasional Perisai diri Tingkat merah kuning. jadi merasa keberatan kalau. antum di tifan membuat cerita yang gak benar tentang perisai diri. belum pernah ada yang namanya sabuk coklat mas.. tolong direvisi tentang pernyataannya. ana juga membawahi perisai diri di yayasan untuk dakwah. jzkmlh khoir.

  16. Mas ijin ngopi artikelnya. Makash.
    Salam

  17. Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Afwan boleh nanya dan ada yang tau web tentang tata cara belajar thifan tak….?
    mohon informasinya,jazakumullah khoirul jaza’

  18. Wa’alaykumsalam

    kalo tata caranya gak ada, karena harus ada guru yang mengajar, tapi kalo website tentang thifan udah banyak.

  19. saya ingin bisa bela diri

  20. Bunga Sepasang :
    Di Thifan Po Khan sendiri juga dipelajari tenaga dalam yang diistilahkan dengan Dath, yang sebelumnya masih disebut Chi Kung sebagaimana yang masih dipelajari di aliran Siauw Liem (Shaolin) sampai sekarang. Silahkan dilihat di http://thifanpokhan.tripod.com
    Lihat juga di http://thifan.amikom.info mengenai materi latihan, pada bagian Pemanasan Umum ada latihan power dengan senam pernafasan.
    Dan teknik pernafasan dalam Thifan juga saya baca di sebuah majalah beladiri yang menyebutkan bahwa inti materi latihan Tsufuk Thifan Pokhan dibagi menjadi enam bagian, yaitu Sentai (senam), Tawe (jurus), Tusyug (langkah), Sikla (pasangan), Khimo (tipuan), dan Teknik Pernapasan Binatang Buas.
    Sudahkah Anda mengetahuinya ?

  21. assalamu’alaykum,…. setau saya, di thifan ada ilmu tenaga dalam dacth, (ini berasal dari bahasa Persia)…yang katanya mempunyai makna kekuatan “racun panas” utk daerah latihan pantai, dan “racun dingin” utk daerah latihan pegunungan….
    yang saya tau, dacth atau dacthuna, itu digunakan dulu oleh tentara cyrus kaisar Persia utk berperang guna melumpuhkan musuh tanpa menyentuhnya….dan ini dilakukuna bisa karena dgn olah nafas dengan metode-metode yang mengandung tasabuh thd prg kafir….point saya, klo memang Tifan yg sekarang dikatakan bersih dan Islamy, berarti seharusnya dacht itu sdh dihapuskan dari materi latihan….. wallahul musta’an…

  22. asalamu alaikum ane mau tanx ?

    thifan shufuk sama shurulkhan thifan pokan beda pa g ????? zaza kumllohh

  23. Assalaamu’alaikum.
    Makna bela diri yang sebenarnya adalah sejauh mana kita mampu mengendalikan diri dari hawa nafsu dan bisikan syetan. Latihan bela diri merupakan ikhtiar memaksimalkan kekuatan diri, kekuatan fisik. Dan hal yang paling penting adalah, kita meyakini bahwa yang memberikan kekuatan, perlindungan dan rasa aman kepada kita adalah Allah SWT. Percaya dirinya tumbuh bukan karena dia merasa kuat dengan belajar beladiri, tapi karena keyakinannya yang kuat kepada Allah, bahwa Allah SWT Yang Maha Gagah, Maha Perkasa yang selalu melindungi hamba-hamba-Nya. Yang penting, dengan latihan bela diri, badan jadi sehat dan kuat dengan idzin Allah. Manfaat sehat dan kuatnya bisa untuk ibadah, bekerja, belajar, dan melakukan hal-hal yang bermanfaat serta diridhoi Allah SWT. Wallaahu a’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: