Jangan ke Dokter lagi!

jangan_kedokter_lagi_small.jpg

Sudah agak lama saya mencari buku ini, mungkin sudah lebih dari berbulan bulan sejak saya membaca resensi buku di koran jawapos. Kebetulan pas kemarin ke toko buku URANUS secara tidak sengaja saya melihat buku ini berada di pojok tempat buku dengan buku-buku terbitan MQS Publishing yang lain.Buku ini sendiri diterbitkan oleh MQGress yang merupakan anakan dari MQS Publishing yang mengkhususkan pada buku buku populer.

Berikut ini beberapa point/ ringkasan dari yang saya dapat setelah membaca buku ini:

1. Manusia memiliki sebuah sistem imun, yang merupakan sistem cerdas yang secara terus menerus berperang sampai titik darah penghabisan untuk melindungi manusia dari serangan berbagai virus, bakteri dan makhluk-makhluk lain yang cenderung akan mengakibatkan dampak buruk bagi tubuh manusia.

2. Sistem imun adalah sekumpulan sel, jaringan dan organ yang terdiri atas :
– bagian yang bisa dilihat seperti kulit, air mata, air liur, hidung dan paru.
– bagian yang tidak tampak seperti timus, limpa, sistem limfa, sumsum tulang, sel darah putih, antibodi dan hormon.

3. Sistem imun bisa melemah diakibatkan oleh beberapa hal diantaranya karena faktor-faktor lingkungan, zat yang terdapat pada asap kendaraan dan bahan kimia beracun, pengaruh perawatan medis (seperti kemoterapi dan pembungan tonsil dan apendiks), gaya hidup yang tidak sehat(merokok, kurang tidur, stres, pola makan yang tidak baik, minum minuman beralkohol, dan makan makanan berlemak), kekurangan zat makanan diakibatkan makan makanan yang berbahaya (gula, perwarna sintetis, bahan pengawet dan zat aditif lainnya), kekurangan makanan khasiat yang segar, dan faktor emosi (seperti kemurungan dan kemarahan).

4. Beberapa konsumsi makanan yang perlu dikurangi demi kesehatan yaitu gula, lemak dan minyak, susu sapi asli????, zat aditif.

5. Beberapa bahaya lingkungan yang sekiranya juga patut untuk kita perhatikan yaitu radiasi elektromagnetik, radiasi ultraviolet, radiasi ionisasi, gas buang kendaraan.

6. pengaruh gaya hidup yang perlu kita hindari terutama untuk kesehatan yaitu tekanan mental, alkohol, kurang tidur, merokok.

7. bahan bahan kimia yang harusnya kita cermati dan bila perlu kita hindari diantaranya penambal gigi berbahan perak, sabun dan kosmetik, plastik dan cat, kimiawi penggangu endokrin (ada banyak sich, diantaranya itu bungkus makanan dari styrofoam, bener gak ya?!), dan air minum yang tercemar klorin ato bahan-bahan berbahaya lainnya.

8. Tanaman berkhasiat yang baik untuk kesehatan terutama sistem imun kita diantaranya tomat, bawang putih, anggur, jeruk, kedelai, articok, teh hijau, brokoli, kubis, cabai, sambiloto, meniran, cokelat, virgin coconut oil, zaitun, temulawak, jahe, nanas, daun jambu batu, buah pare, dan tempe (lho, tempe kok tanaman berkhasiat to lee??)

Nah, yang saya sampaikan diatas hanyalah beberapa point saja dari banyak point yang bisa diambil dari bukunya. Untuk lebih jelasnya, terutama tentang sistem imun sendiri, trus tentang virus dan bakteri patogen, trus manfaat/ khasiat dari tanaman berkhasiat tersebut bisa dibaca langsung dari bukunya.๐Ÿ˜€

About rile

lazy cat

Posted on February 17, 2008, in Buku. Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. assalamu alaykum..

    ana ma’ak ya akhi..

    wassalam..

  2. Satu kata lantang dariku, “PINJAM!”:mrgreen:

  3. 4- ery2

    wah, jangan ukhti, blum saatnya saya bersama akhwat๐Ÿ˜€
    bercanda lho….

    4-Mas Guntar

    Ok mas, bolehhh….

  4. 4-ery2 lagi…

    ooo ya ini siapa? mbak ery malang itu ya.

    ana aidhon, wa jazakumullah khoir

    4-Mas GUntar lagi

    ayo mas, ayo mas , ayo mas…. aku wirausaha sama Ibu gak boleh mas :((

  5. wirausaha atau pegawai .. itu cuma masalah cara mencari rizki koq.. dengan menjadi pegawai pun kita masih bisa membantu orang lain , dan diri kita sendiri, menemukan potensi diri yang terbaik..

  6. dimana bisa dapetin bukunya???/,, daerah mataram lombok ada gak???,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: