“Laskar Pelangi”

lp.jpg

        Laskar pelangi merupakan novel pertama dari tetralogi Laskar Pelangi. Buku yang kedua berjudul “sang pemimpi”, yang ketiga berjudul “edensor”, dan yang terakhir, blum terbit, berjudul “maryamah karpov”. Aku sendiri baru selesai baca yang pertama, nyari yang kedua blum dapet, tapi yang ketiga malah dah ada di rumah.

        Laskar pelangi menceritakan perjuangan dalam pendidikan, persahabatan, pencarian jati diri sebelas anak dusun sun sun di daerah Belitong (Bangka Belitung). Kesebelas anak itu adalah Ikal (sebagai sudut pandang pencerita dalam novel), Sahara, A Kiong, Lintang, Mahar,Harun,Syahdan, Trapani,Samson, Kucai dan Flo , yang merupakan anggota kesebelas perempuan setelah Sahara, yang merupakan anggota susulan.
Ada banyak kisah menarik tentang mereka, diantaranya tentang perjuangan Lintang, si anak jenius, yang harus menempuh 80 KM pulang pergi dengan mengendarai sepedanya (onthel lho rek, bukan sepeda motor) untuk mengikuti pelajaran di sekolah muhammadiyah tempat laskar pelangi bersekolah. Jalannya bukan jalan aspal alus, jalannya jalan berbatu dan harus menelusuri hutan hutan. Bahkan, kisah yang sangat menyentuh, pada saat rantai sepeda Lintang putus dan tidak bisa disambung lagi, namun dia tetap meneruskan perjalanan ke sekolahnya dengan menuntun sepedanya, dan sesampainya di sekolah sudah jam terakhir, yaitu saat menyanyikan lagu padamu negeri penutupan pelajaran. Lintang gembira karena
bisa mengikuti pelajaran hari itu, meskipun hanya lagu penutupan saja. Dan Lintang sendiri kemudian, dari anak pelosok, menjadi seorang yang jenius yang bahkan bisa mendebat seorang Sarjana MIPA yang sok pintar. Sekolah muhammadiyah pelosok yang tidak pernah juara dalah cerdas cermat, tempat laskar pelangi bersekolah, bisa mendapatkan juara mutlak di tangan Lintang.

Kisah yang lain yaitu tentang Mahar, seorang anak jenius namun kebalikan dari Lintang. Jika lintang jenius pada otak kirinya, mahar jenius pada otak kanannya, yaitu pada bidang seni, kreativitas dan imajinasi. Bahkan, Mahar sering dianggap sinting oleh orang lain. Namun, Mahar juga memberikan sebuah kebanggaan pada sekolah muhamadiyah dengan memenangkan festival 17 an di bandingkan sekolah hebat yang ada di Belitong.

Masih banyak kisah-kisah menarik lainnya, terutama kisah cinta Ikal pada A Ling yang harus berakhir (mungkin untuk sementara) karena A Ling harus meninggalkan Belitong. Kisah berlanjut hingga mereka semua dewasa, dan mengalami pahit getir kehidupan mereka masing masing. Kisah ini masih berlanjut, yaitu tentang perjuangan Ikal dan perjuangan sepuluh anggota Laskar Pelangi yang lain.

Baca aja!!! Novel novel Andrea Herata ini (Laskar Pelangi) merupakan novel kedua yang saya sukai setelah novel novel kang abik(Ayat ayat Cinta).

About rile

lazy cat

Posted on February 17, 2008, in Buku. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. buku yang sangat inspirasional. Ada pecandu narkoba yang bertobat setelah membaca buku ini.. semoga suatu saat anda juga bisa menulis buku yang sama …

  2. ceritanya kayak aku waktu kecil heheheheh:)😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: