SUBVERSION PROBLEM PADA JDEVELOPER 10.1.3.4.0

Sekembali dari perjalanan saya selama 3 bulan di BSD City – Tangerang, akhirnya saya kembali ke project awal saya di Bali. Lega rasanya, namun juga sedih meninggalkan kebahagian dan teman-teman baru disana.
Di Bali saya mendapatkan tempat baru yang strategis karena bersebelahan dengan rekan-rekan yang hebat. Dan tentu saja dengan semangat baru yang menggelora, InsyaAllah. Eits, tapi tunggu dulu, saya punya sedikit masalah disini. Komputer yang selama 3 bulan saya tinggal jadi bermasalah, ada permasalahan pada partisi hardisk, begitu kata teknisi disini. Kemudian diberi solusi install ulang dengan ubuntu dengan versi yang lebih baru, UBUNTU Intrepid Ibex 8.10, yang sebelumnya berupa UBUNTU Hardy Heron 8.04.
Setelah installasi OS selesai, tentu saja saya mempersiapkan peralatan-peralatan tempur yang akan saya gunakan untuk berperang, Jdeveloper 10. 1.3.3, KDESVN, dan RAPIDSVN. Namun kemudian saya mendapatkan masalah baru. Setelah saya check out file project dari repositori dengan menggunakan KDESVN atau RAPIDSVN, subversion client yang ada di JDeveloper tidak dapat mengenali file tersebut sebagai file untuk subversion client.
Setelah melakukan beberapa kali trial error, saya tak mendapatkan solusi apapun. Kemudian saya biarkan saja. Yang saya lakukan adalah melakukan check out langsung dari subversion client yang ada pada Jdev, dan tindak menggunakan subversion tool diluar JDev.
Selang beberapa hari saya menemukan sebuah solusi, yaitu sebagai berikut :
1. Download svnkit yang merupakan bundle subversion client untuk jdev di http://svnkit.com/download.php
2. Kemudian copy
– jna.jar
– svnkit-javahl.jar (rename menjadi svnjavahl.jar)
– svnkit.jar
– svnkitsrc.zip
– trilead.jar
ke lokasi /home/wks-339/jdev/jdev/extensions/oracle.jdeveloper.subversion.10.1.3
3. Kemudian buka Jdeveloper Anda, dan lihatlah pada menu Tools > Preferences > Versioning > Subversion (pastikan anda sudah menginstall subversion bundle untuk Jdev, baik secara online atau lokal). Disana akan Anda dapati subversion client yang terbaru. Jika sebelumnya svnkit saya versi 1.1.1 maka sesuai dengan svnkit yang baru saya copy maka yang muncul adalah svnkit versi 1.2.3.
4. Dan kemudian saya lakukan check out dari tools diluar jdev, dan selanjutya saya buka di Jdev. Dan It’s Works….

Demikian, semoga bisa bermanfaat😀

About rile

lazy cat

Posted on April 30, 2009, in Programming. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

