Category Archives: Seni & Sastra

Delapan Mata Air Kecemerlangan

Menurut Anis Matta,“Jika kita mau membangun kembali manusia-manusia Muslim yang cemerlang yang menjadi salah satu pusat pesona Islam, maka kita harus mempertemukan kembali manusia-manusia Muslim itu dengan mata air kecemerlangan mereka.”

Delapan mata air kecemerlangan manusia muslim itu adalah sebagai berikut :

  1. Konsep diri yang jelas dan kuat
  2. Struktur pengetahuan dan pemikiran yang solid
  3. Tekad bulat yang kuat
  4. Asset fundamental (waktu dan kesehatan) yang terkelola secara baik dan efisien
  5. Karakter dasar yang kuat dan tangguh
  6. Integrasi sosial
  7. Kontribusi yang nyata
  8. Konsistensi yang membuatnya bertahan di puncak

Didalam buku ini disertai langkah-langkah aplikatif yang bisa segera kita lakukan.

Advertisements

Negeri 5 Menara

Inspiratif!

Negeri 5 menara adalah sebuah novel yang diinspirasi dari pengalaman penulisnya saat mengikuti pendidikan di Pondok Modern Gontor.

Saya tidak akan bercerita banyak tentang novel ini disini, akan lebih baik jika anda membacanya sendiri khan!?. Saya hanya akan mencuplik kata-kata yang sangat inspiratif yang ada pada novel ini.

Yang pertama,

“Man jadda wajada”

siapa yang bersungguh-sungguh pasti sukses.

Yang kedua,

Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman

Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang

Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan

Berlelah-lelahlah, masnisnya hidup terasa setelah lelah berjuang.

Aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahan

Jika mengalis menjadi jenih, jika tidak kan keruh menggenang

Singa jika tak tinggalakan sarang tak akan dapat mangsa

Anak panah jika tidak tinggalkan busur tak akan kena sasaran

Jika matahari di orbitnya tidak bergerak dan terus diam

Tentu manusia bosan padanya dan enggan memandang

Bijih emas bagaiakan tanah biasa sebelum digali dari tambang

Kayu gaharu tak ubahnya seperti kayu biasa  jika di dalam hutan.

Imam Syafii

Yang ketiga,

“uthlubul ilma walau bisshin”

tuntutlah ilmu, bahkan ke negeri Cina

Yang keempat,

“Man shabara zhafira”

Siapa yang bersabar akan beruntung

Yang kelima,

“Man thalabal ‘ula sahiral layali”

Siapa yang ingin mendapatkan kemuliaan, maka bekerjalah sampai jauh malam

Yang keenam,

Ikatlah ilmu dengan mencatatnya (Sayidina Ali)

Nah, segitu dulu ya, ada yang mau nambahi?

10 BERSAUDARA BINTANG AL QUR’AN

Buku yang sangat inspiratif! Buku ini berkisah tentang 10 bersaudara yang hafal Al Qur’an (pada saat buku ini ditulis, yang hafal 30  juz berjumlah 4 orang, yang lain belum 30 juz).

Berikut ini point-point dari buku ini :

Bagian pertama, Komitmen menjadi bagian dari “Penjaga” Al Qur’an

Pada bagian ini dijelaskan mengenai komitmen dari kedua orang tua 10 bersaudara dalam mendidik putra-putrinya menjadi penghafal Al Qur’an didasarkan pada motivasi rabani dan juda ilmu yang diyakini.

Bagian kedua, Ikhtiar Membina Keluarga Qur’ani

Bagian ini di bagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut :

–        Keseimbangan proses

–        Visi dan konsep yang jelas

–        Pembiasan dan manajemen waktu

–        Mengkomunikasikan tujuan dan memberikan hadiah

Bagian ketiga, Tantangan dan hikmah mendidika anak menghafal Qur’an

Pada bagian ketiga ini juga dibagi menjadi beberapa bagian, sebagai berikut :

–        Metode

–        Mengelola tantangan

–        Menemukan hikmah

Bagian keempat, 10 Bersaudara hafal Al Qur’an

Bagian keempat juga dibagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut :

–        Banyak dan Berkualitas, InsyaAllah

–        Suka duka keluarga besar

Point lain (Pengelolaan keluarga dengan bingkai da’awi yang diterapkan kedua orangtua mereka)

  1. Mengenal dengan baik karakter dan kemampuan putra-putrinya
  2. Menerapakan peraturan yang disepakati dan ditaati bersama-sama
  3. Mewariskan tanggung jawab, karakter, dan kepemimpinan
  4. Melibatkan keluarga besarnya

Pada bagian keempat ini juga di jabarkan profil 10 bersaudara hapal Al Qur’an

Bagian kelima, Mengapa menjadi hafiz Al Qur’an begitu penting?

Bagian kelima dibagi menjadi bagian-bagian sebagai berikut :

–        Fadhail Dunia

–        Fadhail Akhirat

–        Beberapa kunci sukses menjadi hafiz Qur’an

Nah, untuk lebih jelasnya silakan baca bukunya.

“Mossad (Behind every conspiracy)”

Resensi Buku:

Mossad (Behind every conspiracy)

Penulis : Herry Nurdi
Harga : Rp.45.000,00 (Disc. 20%-30% di media idaman)
Penerbit : Cakrawala Publishing
ukuran : 11 x 18 cm
tebal : 246 halaman

PROLOG
Sudah lebih dari 3 bulan saya mengincar buku ini, karena judulnya yang cukup Provokatif dan topiknya yang saya kira wajib kita ketahui. Karena Harganya yang cukup mahal untuk buku sebesar dan setebal itu.
Akhirnya setelah ada anggaran untuk membelinya, jadilah buku ini sebagai teman dalam kesendirian dan waktu luang. sekali lagi, saya menekankan bahwa buku ini memiliki urgensi yang cukup tinggi, karena minimal kita bisa mengenal siapa-siapa di balik peristiwa2 penting.

PENGANTAR
Penulis mengingatkan kita akan kebobrokan global yang terjadi di negeri ini, atau bahkan terjadi di dunia pada umumnya. Mental korup, maraknya fasilitas untuk menyalurkan nafsu, dsb adalah hal terjadi pada masa kita. Penulis mengawali dengan cerita dari Negeri Syria, dimana Israel hampir saja berhasil (lagi) menempatkan agen mossadnya pada pucuk pimpinan negara Syria. Namun, atas kehendak Allah, konspirasi internasional khas Israel tsb berhasil digagalkan, dan agen tersebut dihukum gantung di Syria.
Uniknya, Syria yang kental dengan kultur Islam tersebut bisa terlena konspirasi yang dilakukan Agen Mossad Israel tsb. di sana Agen tersebut memulai misinya dengan menyamar, kemudian setelah masuk ke birokrasi karena kredibilitasnya, maka dia mulai beraksi dengan merusak moral pejabat2 Syria. Maka memberikan opini cukup kuat dari pengantarnya ini, yaitu Jangan2 ini cara Mossad merusak Indonesia?

AGEN2 MOSSAD DI BALIK PERISTIWA
Di dalamnya ditulis berbagai macam peristiwa yang terkait dengan operasi intelejen yang dilakukan oleh agen2 Mossad. di antara2 peristiwa2 itu ialah peristiwa kematian Syaikh Ahmad Yassin dan Lady Di, dramatisasi peristiwa holocaust, Terungkapnya pusat pembuatan senjata nuklir israel, kasus double agent CIA-Mossad oleh Org Yahudi Amerika yang membuat CIA harus mengatur ulang internalnya, sejarah di balik berdirinya negara Singapura, konspirasi 11 September 2001, Pembunuhan terhadap 530 ilmuwan
nuklir Irak dari 200 universitas, konspirasi bom bali, dan konspirasi2 yang terjadi saat Indonesia masih baru beberapa tahun berdiri.

ZIONISME, ISRAEL, DAN YAHUDI
Di dalam buku ini juga dituliskan pertentangan internal antara orang Yahudi sendiri tentang ide zionisme itu sendiri. Berbagai cara dilakukan Israel untuk mewujudkan cita2 zionisme, bahkan tidak segan untuk menekan warganya sendiri. Selain itu juga mereka melakukan taktik “lempar batu sembunyi tangan” dimana jika mereka melakukan suatu operasi, maka mereka bisa membuat persepsi yang memojokkan orang lain , dan itu banyak dialamatkan pada umat Islam, yang paling menghambat cita2 zionisme.

WARNING UNTUK UMAT ISLAM DAN DUNIA
Di akhir bukunya, penulis memberikan peringatan pada umat Islam dan dunia akan adanya bahaya paling laten ini. Warning terbesar dialamatkan pada umat Islam, karena dianggap paling mungkin untuk mengacaukan rencana zionisme israel. Selain itu, Israel juga tidak segan2 untuk “menghajar”
dan merusak negeri2 lain yang punya pengaruh cukup besar dalam peta politik dunia. Dan ironisnya semangat ukhuwah dan persatuan Islam yang tipis membuat bukan tidak mungkin Israel menggunakan umat Islam sendiri untuk menghadang saudaranya yang hendak menggagalkan rencana zionisme
dan konspirasi internasional rancangan Israel ini.

PENUTUP
Mungkin ada banyak fakta yang belum terungkap atau sengaja tidak diungkap untuk kepentingan sesaat yang menyesatkan. Yang pasti pertama, kita harus SADAR bahwa ada konspirasi besar di balik tiap peristiwa2 yang ada sehingga kita tidak cuek atau diam saja dengan apa yang jelas2 terjadi di depan mata kita. Yang kedua, umat Islam dan umat manusia yang cinta dengan perdamaian hendaknya berkolaborasi untuk menghadang konspirasi khas ala Israel ini, karena dampak yang dirasakan tidak hanya dirasakan oleh korban saja, tapi orang2 di sekitarnya akan merasakan dampak yang tidak kalah parah.

Wallahua’lam bishshowab.Afwan.

toni


.:: Allah Oriented ::.
sumber : disadur secara lengkap dan blum ijin dari milis S**TRA :D, tapi emang bagus kok bukunya.

“Catatan Hati Seorang Istri”

catatanhati.jpg
             Awalnya sich salah pinjem ato salah persepsi gitu ke temen yang tadinya mau minjemi buku. Saya kira novel gitu, ternyata dapet buku kumpulan penuturan kisah.Tapi akhirnya kebaca juga!!! :D. Bukunya mbak asma nadia ini isinya menarik juga, cerita/ kisah dalam buku ini semuanya tentu saja diambil dari sudut pandang wanita (istri, lebih tepatnya). Setiap baca kisah per kisah saya selalu bertanya, “kok gitu ya lelaki??”, “ah, tentu saja gak semua lelaki kayak gitu???”. Dan akhirnya diam diam saya mengambil janji dari dalam hati, bahwa jika kelak sudah menikah, saya akan benar benar menjaga untuk jangan sampai menyakiti hati Istri saya. Ya sebenarnya tentu saja kita memang seharusnya tidak menyakiti orang lain juga :). Akhir-akhir ini saya juga jadinya berpikir gini, karena melihat beberapa kasus nyata juga, seandainya benar benar ada masalah rumah tangga, trus gak bisa dicegah adanya pertengkaran ato saling menyakiti gimana????. Ah, andaikan sepasang kekasih menerapakan syari’at Islam secara nyata dan benar benar di pahami dengan sebenar benarnya, masak sich hal itu akan masih terjadi?!. Kemudian saya jadi kembali berpikir tentang sebuah ayat dalam Al Qur’an. Bahwa yang wanita baik baik adalah untuk lelaki yang baik baik dan wanita yang buruk adalah untuk lelaki yang buruk juga (se level gitu dehhh).So, senantiasa memperbaiki diri saja!!! OK?!!!!!

Saya Tidak Ingin Kaya tapi HARUS KAYA

aa0068.jpg
Sebuah buku Luar Biasa!!!!! terutama disaat-saat kita lagi futur, tak tentu arah, confuse, takut melangkah dan juga bingung tentang makna sukses, buku ini bisa menggugah, menyadarkan, memberikan pengarahan kepada kita tentang arah mana yang harusnya kita pilih.
Beberapa point dari bab terakhir buku ini sangat menarik bagi saya, yaitu implementasi 7B= kuat iman dan kuat amal ; 1. Menumbuhkan karakter baik dan karakter kua, 2. Mengoptimalkan potensi diri, 3. Memaksimalkan fitroh sebagai manusia (kholifah)
7B nya adalah
1. Beribadah dengan benar dan Istiqomah
2. Berakhlaq terpuji
3. Belajar dan berlatih tiada henti
4. Bekerja keras dengan cerdas dan ikhlas
5. Bersahaja dalam hidup
6. Bantu sesama
7. Bersihkan hati selalu
hmmm, pasti banyak yang perlu di jelaskan!! baca aja bukunya!!!

Di Bawah Naungan Ka’bah

Benar saja, pernah suatu waktu saya membaca sebuah komentar pada novel karya kang abik (Habiburahman El Shirazy) bahwa beliau merupakan padanan Hamka/ Hamka masa kini. Hal tersebut saya ketahui setelah saya membaca salah satu karangan Hamka “Di Bawah Lindungan Ka’bah”, sebuah novel yang menceritakan kisah cinta antara Hamid dan Zainab yang memilukan dan meyedihkan. Hamid sendiri merupakan seorang alim yang hanya ingin mencari ridho dari Allah, sehingga namun sebagai manusia dengan fitrahnya harus dia akhirnya mengalami penderitaan cinta (mungkin juga tidak) antara manusia.

Saya sendiri belum dapat menyimpulkan apa apa perbedaan antara Hamka dan Kang Abik, karena saya masih hanya membaca satu buku dari karya Hamka. Adakah diantara Anda yang sudah faham perbedaan karakteristik karya keduanya?!

“Laskar Pelangi”

lp.jpg

        Laskar pelangi merupakan novel pertama dari tetralogi Laskar Pelangi. Buku yang kedua berjudul “sang pemimpi”, yang ketiga berjudul “edensor”, dan yang terakhir, blum terbit, berjudul “maryamah karpov”. Aku sendiri baru selesai baca yang pertama, nyari yang kedua blum dapet, tapi yang ketiga malah dah ada di rumah.

Read the rest of this entry

Jangan ke Dokter lagi!

jangan_kedokter_lagi_small.jpg

Sudah agak lama saya mencari buku ini, mungkin sudah lebih dari berbulan bulan sejak saya membaca resensi buku di koran jawapos. Kebetulan pas kemarin ke toko buku URANUS secara tidak sengaja saya melihat buku ini berada di pojok tempat buku dengan buku-buku terbitan MQS Publishing yang lain.Buku ini sendiri diterbitkan oleh MQGress yang merupakan anakan dari MQS Publishing yang mengkhususkan pada buku buku populer.

Berikut ini beberapa point/ ringkasan dari yang saya dapat setelah membaca buku ini:

Read the rest of this entry

Akhirnya… Ketika Cinta Bertasbih(KCB) 2

1.jpg 2.jpg

Akhirnya setelah sekian lama, muncul juga novel lanjutan Ketika Cinta Bertasbih(KCB) yang sudah lama ku tunggu. Pas kemarin lagi blanja buku di Gramedia Malang, yang tujuannya mau beli buku buku persiapan UAN dan SPMB buat adikku – dimas, dodik – temenku – gak sengaja memergoki Novel KCB 2 itu. Covernya seger, warnanya ijo, sayangnya pas itu lagi irit irit duwit……. jadi gak bisa langsung beli, lagian di tempat lain di surabaya ada yang bisa dapet dengan harga yang lebih murah.

Sudah agak lupa juga sich isinya yang KCB 1, soalnya dah lama banget sich. Yang jelas, tema dari novel ini tentang cinta dan enterpreneursip. Azzam, tokoh utamanya, lagi kerja keras belajar di negeri perantauan sekaligus kerja keras buat hidupnya dia sendiri dan buat pendidikan adik adiknya di Indonesia. Cerita terakhirnya di Novel yang pertama kalo gak salah pas dia lagi perjalanan pulang ke Indonesia. Penasaran banget sama kisahnya dia. Yang jelas, aku mesti kangen sama karya karya nya Kang Abik. Semoga segera terbit karya karyanya yang lain. Trus dari novel yang keduanya bisa baca resensinya di http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=5&dn=20071119144640